Saturday, 12 June 2010

Jika Besi Dipanaskan

APA YANG AKAN TERJADI JIKA BESI DIPANASKAN? Pertanyaan yang banyak dicari para mahasiswa Anorganic Chemistry UNY heheheee makanya ane coba posting hal ini. APA YANG AKAN TERJADI JIKA BESI DIPANASKAN? Jawabanya mari kita simak artikel berikut.
APA YANG AKAN TERJADI JIKA BESI DIPANASKAN

Besi merupakan unsur yang terdapat di alam dalam jumlah yang besar, terutama dalam bentuk oksidanya, di dalam tabel periodik besi diberi nama ferum (Fe) dengan massa atom relative (Mr) =56. Pada suhu yang tinggi besi akan mengalami oksidasi dan pembentukan kerak pada permukaan logam (terkorosi). Banyak orang beranggapan bahwa besi akan memuai (bertambah panjang) bila dipanaskan.

Tetapi fakta sebenarnya adalah besi akan mengalami penyusutan (memendek) bila dipanaskan (pada suhu tinggi)yaitu sekitar 500 K. Besi sensitif terhadap perubahan suhu, karena suhu dapat mengubah struktur kristal besi, dari 8 atom Fe yang mempunyai 2 kemungkinan membentuk kristal dengan unit sel berbentuk BCC dan FCC, dalam hal ini struktur besi berubah dari bentuk kristal BCC menjadi FCC, sehingga panjang besi berkurang. Hal ini tampak pada besi rel kereta api, dan besi-besi (tiang pancang) bangunan.

Sebagai contoh, gedung yang habis terbakar, harus dirobohkan total. Mengapa besi (cor) dan tembok gedung tidak direhab saja? ini karena, besi dari gedung tersebut telah menyusut panjangnya, sehingga kaitan pada kerangka besi tidak sekuat seperti semula (sebelum gedung terbakar), bahkan kaitan kernagka tersebut dimungkinkan lepas, satu dengan yang lainnya.

Jika Besi Dipanaskan

Setelah membaca artikel ini kami mohon anda merecommeded dengan mengklik g+ diatas.

1 comment:

Cafe cinta said...

tks bro. izin mampir..

Post a Comment

free counters