Wednesday, 2 June 2010

KAMASETRA UNY "pulung gantung"

Sebagai mantan pengurus di

UKM KAMASETRA UNY

(Keluarga Mahasiswa Seni Tradisi universitas Negeri Yogyakarta) Saya tiba-tiba kangen dengan Teater Kenangan yang pernah saya lihat di UKM KAMASETRA UNY. Di UKM KAMASETRA UNY ini saya pernah mendapat undangan mengikuti pergelaran pentas seni UKM KAMASETRA UNY dalam rangka ulang tahun UKM KAMASETRA UNY yang ke berapa saya lupa. UKM KAMASETRA UNY mengadakan pegelaran teater dengan judul "pulung gantung", dan saya ingin mengulas sedikit cerita dari "pulung gantung" ini dalam versi saya, yang saya dapat dari file di laptop saya. "pulung gantung" ini sebuah cerita daerah gunung kidul yogyakarta yang diangkat oleh UKM KAMASETRA UNY dengan pengarangnya adalah Mas Gondhol Sumardiyono (kalo gak salah, agak lupa, maaf ya mas). Drama jawa bertemakan horror ini berjudul pulung gantung
yang arti kosakata bahasa jawa yaitu "pulung" = semacam pertanda alam yang menyerupai bintang berekor atau komet yang jatuh ke bumi, atau bisa diartikan sebuah pertanda akan adanya peristiwa baik itu buruk maupun kebaikan. sedangkan kata "gantung" di sini diartikan menggantung, atau bunuh diri dengan metode gantung diri.

Di sebuah desa di Gunungkidul, fenomena pulung sering terjadi pada jaman dahulu, dikisahan di cerita pulung gantung ini, suatu rumah pada malam hari kejatuhan pulung tersebut yang entah mitos atau bukan, setelah kejatuhan pulung tersebut, seluruh anggota keluarga yang ada dirumah tersebut mati bunuh diri dengan jalan menggantungkan diri. Hufh,... jadi serem nulisnya, ya udah, untuk pembaca yang masih penasaran, silahkan saja mampir ke KAMASETRA UNY untuk melihat hasil pementasan teater "pulung gantung" ini. Dan semoga setelah menonton "pulung gantung" itu anda lebih puas dibanting nonton film horror yang beredar di bioskop2 sekarang ini. SELAMAT KE KAMASETRA UNY dan selamat menonton "pulung gantung".

KAMASETRA UNY "pulung gantung"

Setelah membaca artikel ini kami mohon anda merecommeded dengan mengklik g+ diatas.

No comments:

Post a Comment

free counters