Thursday, 6 January 2011

Skripsi Kimia oleh Radityo Mahmud Tavipiono

PENGARUH KONSENTRASI PERENDAM DAN LAMA PERENDAMAN DALAM Ca(OH)2 TERHADAP KADAR PROTEIN DAN TOTAL PADATAN PADA PEMBUATAN SUSU KARA BENGUK (Mucuna Pruriens L.)
Oleh:
RADITYO MAHMUD TAVIPIONO
NIM: 06307141038
Pembimbing Utama: Retno Arianingrum, M. Si.
Pembimbing Pendamping: Togu Gultom, M.Pd, M. Si.

ABSTRAK 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi perendam dan lama perendaman kara benguk dalam larutan Ca(OH)2 terhadap kadar protein dan total padatan susu kara benguk. Subyek penelitian ini adalah kara benguk putih dan objek penelitian ini adalah kadar protein dan total padatan susu kara benguk. Penelitian diawali dengan melakukan perendaman kara benguk dalam larutan Ca(OH)2 dengan variasi konsentrasi perendam 0, 1, 3, dan 5 % (b/v) serta variasi lama perendaman 0, 6, 12, dan 18 jam. Selanjutnya kara benguk yang direndam diolah menjadi susu melalui proses pencucian, perendaman, penggilingan, penyaringan, dan pemasakan. Penentuan kadar protein dilakukan dengan metode Lowry menggunakan larutan standar kasein, dengan terlebih dahulu menentukan waktu kestabilan, panjang gelombang maksimal dan kurva protein standar. Penentuan total padatan susu kara benguk menggunakan uji total standar SNI 19-0428-1989. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik ANAVA AB yang dilanjutkan dengan uji DMRT.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa waktu kestabilan dimulai dari menit ke-40 sampai ke-50 dengan panjang gelombang maksimal 590 nm. Persamaan garis regresi linier yang diperoleh adalah Y = 1,425X + 0,0669 dengan Fregresi = 101,236. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi perendam dan lama perendaman berpengaruh terhadap kadar protein dan total padatan susu kara benguk yang dihasilkan. Kadar protein susu kara benguk tertinggi diperoleh pada perendaman dengan konsentrasi perendam 5 % selama 12 jam, sebesar 3,372 % (b/v). Total padatan susu kara benguk tertinggi juga diperoleh pada perendaman dengan konsentrasi perendam 5 % selama 12 jam, sebesar 21,693 % (b/b).

Skripsi Kimia oleh Radityo Mahmud Tavipiono

Setelah membaca artikel ini kami mohon anda merecommeded dengan mengklik g+ diatas.

2 comments:

Shirakuro Hanayuki said...

maaf, kalo boleh tau ini skripsinya ditulis tahun berapa ya? saya juga salah seorang mahasiswa kimia, mau ijin minta data berupa judul skripsi, penulis, pembimbing, dan tahun pembuatan skripsi ini untuk tugas mata kuliah metodologi penelitian. makasih sebelumnya..

KUHASC EXPRESS said...

th 2010, semua data sudah saya tulis

Post a Comment

free counters